INTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER PELAJAR PANCASILA BERBASIS DAARUL QUR’AN METHOD DALAM INTRAKURIKULER SEKOLAH DI SD DAARUL QUR’AN SCHOOL INTERNASIONAL
(1) Pendidikan Umum dan Karakter, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Pendidikan Umum dan Karakter, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Pendidikan Umum dan Karakter, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract
Pembentukan karakter sejak usia dini dengan konsistensi dan memiliki potensi untuk menjadi bagian tak terpisahkan dari individu saat dewasa. Menanamkan kebiasaan positif sejak usia dini merupakan langkah penting dalam memaksimalkan pendidikan karakter, dengan melibatkan semua elemen sekolah dalam memupuk nilai-nilai baik pada peserta didik. Tingkat satuan pendidikan termasuk sekolah dasar, pendidikan karakter dilaksanakan berdasarkan penentuan prioritas pengembangan nilai-nilai yang terkandung dalam pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis pengintegrasian nilai-nilai karakter Pelajar Pancasila berbasis Daarul Qur’an Method dalam Intrakurikuler sekolah. Jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas dan siswa kelas III. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan trianguasi teknik dan triangulasi data. Analisis data menggunakan yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian maka pengintegrasian karakter Pelajar Pancasila berbasis Daarul Qur’an Method dalam Intrakurikuler diintegrasikan dalam kurikulum, manajemen kelas, penggunaan metode pembelajaran, pemebelajaran tematis dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), gerakan literasi, dan bimbingan konseling. Pengintegrasian tersebut melalui beberapa program kegiatan sekolah seperti Khutbatul Iftitah, Festival Muharram, Independence day and excul display, Maulid Nabi Muhammad SAW, Outbound, Festival P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) ke 1, DaQu Edutainment, Tasmi' Al Qur'an, DaQu Camp, DaQu Edutrip, Language and Earth Day, Spirit of Ramadhan, Baksos, Ifthar Jama'i, Halal bi Halal, Gerakan Sedekah Nasional, Business Day dan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) ke 2, DaQu Fest, Tasmi' Week, WTN (Wisuda Tahfizh Nasional).
Keywords
References
Aini, N. Q., Faturohman, N., & Darmawan, D. (2023). Penerapan penguatan pendidikan karakter melalui metode pembiasaan guna pembentukan kemandirian anak usia dini di kb azzahroh serang. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(2), 98–113.
Amanah, I. M., Qomariyah, S., & Sukandi, A. (2023). Peran Quantum Learning Dalam Meningkatkan Secara Berlipat Target Belajar Bahasa Inggris Di SMA PGRI Cicurug. Faidatuna, 4(3), 20–30.
Anam, C., & Salman, A. (2023). Pendidikan Akhlak Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Sdi Ulul Albab Blaru Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Al Manar, 1(2), 99–107.
Asy’arie, B. F., Aziz, M. H., & Kurniawan, A. (2023). Strategi Pengembangan Karakter Mandiri Santri Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an Batanghari, Lampung Timur. Jurnal Penelitian Agama, 24(2), 153–172.
Diniyah, E. N., & others. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Religius Siswa Anak Berkebutuhan Khusus Berbasis Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar Inklusi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 189–207.
Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Dinamika Sosial Dalam Proses Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Pendidikan Islam. Attanwir: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(2), 45–67.
Fitria, F., Sukardi, S., & Handayani, N. (2023). Efektivitas model blended learning dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 101–111.
Fortuna, D., Muttaqin, M. F., & Amrina, P. (2023). Integrasi Karakter Peduli Lingkungan Dalam Program Sekolah Adiwiyata di SDN Cipondoh 5. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2088–2100.
Hasibuan, A., & Sitepu, M. S. (2023). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbasis Islami Materi Hak dan Kewajiban terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDS Muhammadiyah 32 Medan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 105–114.
Ilyas, I. S. A. (2023). Agama Dan Relasi Budaya Dalam Islam: Menjelajahi Peran Penting Budaya Dalam Pembentukan Identitas Keagaman. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 5(2), 113–133.
Karimah, A. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Apresiasi Siswa Terhadap Budaya Lokal. Science and Education Journal, 1(2), 1–12.
Kasandra, A., Hendrawan, F. E., Amisar, S. R. F., & Abdila, Y. E. (2023). Peran Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Journal of Education on Social Issues, 2(3), 287–313.
Kharisma, M. E., Faridi, F., & Yusuf, Z. (2023). Penanaman karakter gotong royong berbasis p5 di smp muhammadiyah 8 batu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1152–1161.
Khoirroni, I. A., Patinasarani, R., Hermayanti, N. I., & Santoso, G. (2023). Pendidikan Karakter: Tingkat Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 269–279.
Kiska, N. D., Putri, C. R., Joydiana, M., Oktarizka, D. A., Maharani, S., & Destrinelli, D. (2023). Peran profil pelajar pancasila untuk membentuk karakter peserta didik sekolah dasar. Journal on Education, 5(2), 4179–4188.
Kurniawati, A., & Najicha, F. U. (2023). Pentingnya Peningkatan Kesadaran Kewarganegaraan Pada Mahasiswa Di Lingkungan Kampus. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 98–109.
Maftukha, A., & Kurniawan, M. I. (2023). Pendidikan Karakter Religius Berbasis Budaya Sekolah Di Sd Islam Plus As-Syafi’iyah Tanggulangin. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(1), 98–110.
Maghfirani, R. T., & Romelah, S. (2023). Implementasi Nilai Kebhinekaan Global Dalam Profil Pelajar Pancasila Untuk Menghadapi Krisis Identitas Nasional. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 100–108.
Marpaung, W., Sitorus, A. A. M., Mabrur, A., Lubis, M. J. A., Ramadhani, Z., & Siagian, Z. R. (2023). Upaya Menjaga Kebersihan Sekolah Dan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Murid SMP Negeri 4 Selat Lancang. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 490–494.
Maunino, G. Z. T., & Tacoh, Y. T. B. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Mata Pelajaran Informatika SMA Kristen 1 Salatiga. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 308–319.
Mida, K. K., & Maunah, B. (2023). Strategi Pembentukan Karakter Religius melalui Program Taman Pendidikan Al-Qur’an di MI Tholabuddin Gandusari Blitar. AHDÃF: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 97–110.
Muslimin, I. (2023). Pengembangan kurikulum pendidikan karakter di madrasah berbasis kurikulum merdeka. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), 5(1), 108–130.
Mutiara, E. A., Alindra, A. L., Febriani, K., Nafiisah, R., Devi, R., Ulhaq, S., & Rahmawati, Y. (2024). Dinamika Kebijakan Pendidikan Multikultural dalam Konteks Sekolah Dasar Kristen Mendorong Toleransi Beragama dan Penerimaan Keberagaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3040–3047.
Pramono, D., & others. (2023). Internalisasi Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di SMAN 11 Semarang. Journal of Education Research, 4(3), 1299–1316.
Puspita, A., & Harfiani, R. (2024). Penerapan Pembiasaan Positif Dalam Upaya Meningkatkan Karakter Anak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25–38.
Syawalia, Z. P., & others. (2023). Pengaruh Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Nilai-Nilai Pancasila Di Sekolah Dasar. FingeR: Journal of Elementary School, 2(1), 10–19.
Wijaya, A. P., & Yusup, M. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning pada Materi SPLDV. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 61–72.
Zalukhu, B., Napitu, U., Zalukhu, Y., & Hulu, N. S. (2023). Pengaruh Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Pembentukan Karakter dan Moral Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 2102–2115.
Zebua, N. S. A., Zalukhu, A., Herman, H., Telaumbanua, M. S., Hulu, D. B. T., Hutauruk, A., & Manik, E. (2023). Kajian Teori Behavioristik Stimulus dan Respon dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4038–4054.
Article Metrics
Abstract View

DOI: 10.54892/jpgmi.v10i1.265
Refbacks
- There are currently no refbacks.