EVALUASI DAMPAK PENDAMPINGAN IMPELEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI MI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Dewi Rohiani(1), Mukminah Mukminah(2),


(1) Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor-IAIH Pancor
(2) Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor-IAIH Pancor
Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pendampingan implementasi kurikulum merdeka terhadap pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada MI di Kabupaten Lombok Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif. populasi dalam penelitian ini adalah Madrasah yang ada di Kecamatan Selong dan Labuan haji, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu 12 MI di Kabupaten Lombok Timur yang ada di Kecamatan Selong dan Labuan Haji. Instrumen pengambilan data berupa lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka terhadap pelaksanaan pembelajaran berdifrensiasi di MI sasaran Kabupaten Lombok Timur adalah kategori baru mulai 26,08 %, terarah  72,39 %, dan sudah optimal 15,10 %. Sedangkan dampak pendampingan implementasi  pembelajaran yang berpusat pada peserta didik adalah guru memberikan umpan balik yang baik dan memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik serta guru selalu memberikan apresiasi untuk meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi belajar peserta didik. Hal-hal yang perlu mendapatkan perbaikan dari implementasi pembelajaran berpusat pada siswa adalah materi, media dan tugas yang diberikan kepada peserta didik  sebaiknya beragam sesuai kebutuhan peserta didik supaya  meningkat focus dan motivasi belajar peserta didik.  Dalam hal dukungan yang diberikan oleh pendamping dalam meningkatkan implementasi pembelajaran berpusat pada siswa adalah pengawas memberikan dukungan dan motivasi serta peningkatan pembinaan, memberi izin kepada semua guru untuk selalu aktif mengikuti pelatihan-pelatihan meingkatkan kompetensi guru.


Keywords


Kata kunci :Dampak Pendampingan, Implementasi Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berdiferensiasi

References


Abdurrahman Fathoni, Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripi, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006). hlm. 105

JURNAL BASICEDU Volume 6 Nomor 5 Tahun 2022 Halaman 8248 - 8258 Research & Learning in Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basicedu

Nurzila, N. (2022). Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Perlu Strategi Tepatguna. Jurnal Literasiologi, 8(4).


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 85 times
PDF Download : 29 times

DOI: 10.54892/jpgmi.v9i2.210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.