ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA DALAM TEKS NARASI BUKU BAHASA INDONESIA KELAS IV KURIKULUM MERDEKA

Salma Ulayya(1), Fitri Puji Rahmawati(2),


(1) Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta
(2) Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta
Corresponding Author

Abstract


The purpose of this study is to determine and describe the form of punctuation errors in narrative texts in student books Buku Bahasa Indonesia SD Kelas IV Kurikulum Merdeka. This research is a descriptive qualitative research. The data collection technique used is to listen and record.  Researchers conducted a listening technique by carefully reading 12 narrative texts in the Buku Bahasa Indonesia SD Kelas IV Kurikulum Merdeka, then recorded and classified according to the form of error. Intrarater and interether techniques are used to test the validity of the data. Data analysis techniques in this study consist of data collection, data reduction, data presentation, and conclusions. The results showed a total of 7 errors in the use of punctuation. These errors are 1 period error, 3 comma errors, 1 colon error, 1 quotation mark error, and 1 single quotation error. Commas are the punctuation marks with the most usage errors. The use of punctuation in textbooks needs to be considered again, adjusting to existing writing rules.


Keywords


Errors, Punctuation, Narrative, Merdeka Curriculum

References


Anisah, A., & Azizah, E. N. (2016). Pengaruh Penggunaan Buku Teks Pelajaran dan Internet sebagai Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS (Eksperimen Kuasi Pada Kelas VII di SMP Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon). Jurnal Logika, 18(3), 1–18. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/logika/article/viewFile/215/138

Ariyanti, R. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital, Tanda Baca, dan Penulisan Kata pada Koran Mercusuar. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(4), 15–17. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/12178/9361

Cahyani, A., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Tulis Pada Teks Narasi Siswa Kelas V SDN 13 Manggelewa Kabupaten Dompu. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 41–49.

Farhani, I. R. (2015). Analisis Kesalahan EYD (Ejaan yang Disempurnakan) pada Buku Teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan AKkademik Kelas X Kurikulum 2013. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Febriyani, P., Bagiya, & Ratnaningsih, A. (2021). Analisis Kesalahan Kebahasaan pada Buku Tematik Tema 5 Pahlawanku Kelas IV Sekolah Dasar. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 2(1), 72–78. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal

Fitri, I. R., & Wahyuni, R. K. (2018). Analisis Penggunaan Tanda Baca pada Teks Narasi Siswa Kelas VII SMPN 2 Kapur IX. Deiksis, 10(03), 274. https://doi.org/10.30998/deiksis.v10i03.2500

Ghufron, S. (2018). Kesalahan Pemakaian Ejaan dalam Karangan Siswa. EDU-KATA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.52166/kata.v3i1.1023

Irwansyah, N., Johan, N. R., & Bahar, Y. N. A. (2022). Analisis Kesalahan Ejaan Pada Buku Ajar Mahasiswa Prodi Anafarma Semester 5. Caraka: Jurnal Ilmiah, Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pemelajarannya, 8(2), 62–76. https://doi.org/10.30738/caraka.v8i2.11844

Khoirurrohman, T. (2018). Analisis Kesalahan Ejaan dalam Karangan Siswa Kelas 3 SDN Ketug Kecamatan Butuh Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD, 8(2), 70–77. https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i2.303

Lubis, I. S., Lamsari, M., Hasibuan, A. S., & Siregar, S. T. (2022). Kegiatan Memperkenalkan Tanda Baca Kepada Anak Sd 200220 Kelas Iv Di Kelurahan Ujung Padang. 1(2), 84–88.

Novrila. (2020). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca pada Proposal Penelitian Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau. SAJAK: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Sastra, Bahasa, Dan Pendidikan, 5(3), 248–253. https://doi.org/10.25299/s.v1i1.8233

Nurannisa, E., Indihadi, D., & Hamdu, G. (2021). Analisis Penerapan Kata Baku dan Tanda Baca Dalam Menulis Kembali Isi Cerita Fiksi. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 520–528. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i2.36311

Nurwicaksono, B. D., & Amelia, D. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Teks Ilmiah Mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 138–153. https://doi.org/10.21009/aksis.020201

Oktaviani, N. R., & Wulandari, M. D. A. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Buku Siswa Kurikulum 2013 Tema “Lingkungan Sahabat Kita†Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Taman Cendekia, 3(2), 6.

Rajab, I. (2017). Analisis Penggunaan Tanda Baca dalam Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep. 1–14.

Ratmelia, Y. (2018). Nilai Moral dalam Buku Teks Pelajaran Sejarah (Analisis Terhadap Buku Teks Sejarah Indonesia Kelas X). Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, I(2), 115–122. https://doi.org/10.17509/historia.v1i2.10711

Sukmawaty, & Firman. (2023). Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia pada Ruang Publik di Kota Palopo Pendahuluan Metode. Jurnal Sinestesia, 13(1), 312–317. https://sinestesia.pustaka.my.id/index.php/journal/article/view/336

Waode, H. (2018). Analisis Kesalahan pada Teks Narasi Siswa SMP. Prosding Seminar Nasional Unimus, 1, 558–564.

Yunita, D. A., Sugono, D., & Suendarti, M. (2021). Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dan Kosakata dalam Penulisan Karangan Deskripsi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 121. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7494


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 55 times
PDF Download : 46 times

DOI: 10.54892/jpgmi.v9i2.208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.